Doa Yang Dibaca Saat Ditimpa Kesulitan

 

Memanjatkan doa kepada Allah SWT bisa dilakukan dalam berbagai keadaan. Salah satunya ketika mendapat kesulitan. Dalil berdoa kepada Allah SWT saat ditimpa kesulitan termaktub dalam Al-Qur'an surah An Naml ayat 62. Allah SWT berfirman,

 

اَمَّنْ يُّجِيْبُ الْمُضْطَرَّ اِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوْۤءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاۤءَ الْاَرْضِۗ ءَاِلٰهٌ مَّعَ اللّٰهِ ۗقَلِيْلًا مَّا تَذَكَّرُوْنَۗ ٦٢

 

Artinya : "Apakah (yang kamu sekutukan itu lebih baik ataukah) Zat yang mengabulkan (doa) orang yang berada dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya, menghilangkan kesusahan, dan menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah (pemimpin) di bumi ? Apakah ada tuhan (lain) bersama Allah ? Sedikit sekali (nikmat Allah) yang kamu ingat."

 

Doa allahumma laa sahla adalah doa yang dibaca ketika ditimpa kesulitan. Mengutip buku Panduan Salat Doa & Zikir Sehari-hari dan Sepanjang Masa Sesuai Tuntunan Rasul karya Abdurrahman Adiib berikut bacaan doa allahumma laa sahla yang bisa diamalkan. Berikut doa Allahumma Laa Sahla :

 

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلَّا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً ، وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحُزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

 

Bacaan latin : Allahumma laa sahla illaa maa ja'altahu sahlan wa 'anta taj 'alil huzna 'idza syi'ta sahlan

Artinya : "Ya Allah, tiada satu kemudahan, melainkan jika Engkau jadikan mudah, dan dengan kehendak-Mu sesuatu yang sulit itu menjadi mudah."

 

Kesulitan dapat muncul karena beberapa sebab. Salah satu sebab yang menjadi pemicu datangnya kesulitan adalah dosa. Dirangkum dari buku Pasti Terkabul karya Thoriq Anwar, jika kesulitan muncul karena dosa, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah bertobat dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Kesulitan juga muncul sebagai cobaan dari Allah SWT. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan bersabar dan memohon pertolongan kepada Allah SWT. Berdoa juga merupakan salah satu cara agar dimudahkan dalam menghadapi kesulitan. Dengan berdoa dan bersungguh-sungguh dalam menghadapi kesulitan, maka insyaa Allah seseorang akan menemukan jalan keluar dari kesulitan hidupnya. Tips agar doa diijabah oleh Allah SWT, terdapat beberapa tips agar doa diijabah oleh Allah SWT. Merujuk pada buku Keutamaan Doa dan Dzikir untuk Hidup Bahagia Sejahtera karya M. Khalilurrahman al Mahfani, berikut tips agar doa diijabah oleh Allah SWT :

 

Berdoa dengan penuh keikhlasan, kunci dikabulkannya doa adalah keikhlasan. Semakin kuatnya keikhlasan, maka semakin pantas dan mungkin pula doanya akan diijabah oleh Allah SWT.

 

Berdoa hanya kepada Allah SWT, hanya kepada Allah SWT lah setiap hamba berdoa meminta hajat hidup, memohon perlindungan dari bahaya dan musibah, serta mengadu dan berkeluh kesah. Sebab, Allah SWT adalah Dzat yang Maha Mendengar, Maha Berkuasa, dan Maha Berkehendak. Tidak ada daya dan upaya kecuali atas izin dan perkenan-Nya.

 

Khusnuzhzhan (berbaik sangka) kepada Allah SWT, Allah SWT akan lebih memahami hakikat keinginan hamba-Nya jika ia berbaik sangka kepada Allah SWT. Jika doanya tidak terkabul, maka seorang hamba harus tetap bersangka baik kepada Allah SWT. Sebab, Allah SWT lebih tahu kapan saat yang paling tepat untuk mengabulkan doa hamba-Nya.

 

Berdoa dengan penuh keyakinan, doa yang diiringi dengan penuh keyakinan dan harap akan dikabulkan oleh Allah SWT. Seorang hamba harus yakin bahwa Allah SWT mendengar doanya, yakin bahwa Allah SWT akan mengabulkan keinginannya. Jika doanya tidak terkabulkan setelah sekian lama, seorang hamba harus yakin bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik untuknya.

 

Memperbanyak amal saleh, ketika berdoa mengharapkan sesuatu dari Allah SWT, maka seseorang harus memperbanyak amal saleh. Sebab, penyebab utama terangkat dan diterimanya doa adalah amal saleh. Allah SWT tidak akan mengabulkan doa hamba-Nya yang gemar bermaksiat serta mengonsumsi makanan dan minuman haram.

 

Sumber : https://www.detik.com/hikmah 

Comments