5 Keutamaan Bulan Ramadhan

 

Ramadhan adalah bulan suci yang menyimpan sejumlah keutamaan. Berikut lima keutamaan bulan Ramadhan yang tidak terdapat pada bulan lain. Dikutip dari buku Fiqih Puasa karya Agus Arifin, Ramadhan adalah salah satu bulan dalam perhitungan kamariah. Ramadhan berasal dari kata kerja ramida yang berarti membakar, terik atau sangat panas. Bulan Ramadhan terjadi ketika udara di Jazirah Arab sangat panas. Ramadhan sendiri memiliki beberapa nama lain, seperti Syahrul Qur'an, Syahrush-Shiyam, Syahrush-Sabr, dan sebagainya. Berikut beberapa keutamaan bulan Ramadhan dirangkum dari kitab Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq yang diterjemahkan Abu Aulia dan Abu Syauqina dan buku Fiqih Puasa karya Agus Arifin.

 

1. Bulan yang Tercantum dalam Al-Qur'an

Bulan Ramadhan disebutkan dalam Al-Qur'an, salah satunya dalam surah Al Baqarah ayat 185. Allah SWT berfirman,

 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

 

Artinya: "Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur."

 

2. Bulan Diturunkannya Al-Qur'an

Selain dijelaskan pada surah Al Baqarah ayat 185, peristiwa penurunan Al-Qur'an di bulan Ramadhan juga dijelaskan dalam hadits. Diriwayatkan dari Wailah bin Asqa', sesungguhnya Nabi SAW bersabda, "Telah diturunkan shuhuf Nabi Ibrahim pada awal malam bulan Ramadhan, dan diturunkan Taurat pada tanggal 6 Ramadhan, dan diturunkan Injil pada tanggal 13 bulan Ramadhan, dan diturunkan Zabur pada 18 Ramadhan, dan diturunkan Al-Qur'an pada 24 Ramadhan." (HR Ahmad dan Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman. Hadits ini dinukil Imam As-Suyuthi dalam Al-Itqan fi'Ulumil Qur'an)

 

3. Bulan yang Diwajibkan Puasa

Pada bulan Ramadhan, umat Islam yang telah memenuhi syarat wajib puasa diwajibkan untuk berpuasa. Hal tersebut diriwayatkan dalam hadits. "Bulan yang penuh berkah telah datang kepada kalian. Allah telah mewajibkan puasa di bulan itu kepada kalian. Di dalamnya, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya, ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Siapa saja yang tidak mendapat kebaikannya, ia benar-benar tidak mendapat kebaikan. "

 

4. Bulan ketika Pintu Surga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup

Pada bulan Ramadhan, pintu surga akan terbuka sedangkan pintu neraka tertutup. Hal tersebut dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila bulan Ramadhan tiba, dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka (Jahim), dan dibelenggulah setan-setan."

 

5. Bulan yang Terdapat Malam Lailatul Qadar

Pada bulan Ramadhan, umat Islam akan menemui satu malam bernama malam Lailatul Qadar. Hal tersebut diriwayatkan dalam hadits. Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh iman dan ihtisab (mengharap ridha Allah), akan diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barang siapa yang qiyamul lail di malam Lailatul Qadar dengan penuh iman dan ihtisab, akan diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu." (HR Bukhari dan Muslim, dinilai shahih) Adapun yang dimaksud dengan malam Lailatul Qadr yaitu malam penuh kemuliaan. Di malam ini, umat Islam dianjurkan untuk memperkaya amalan, baik amalan wajib maupun sunnah.

 

Sumber : https://www.detik.com/hikmah/khazanah 

Comments

Post a Comment