Ikhtiar


Ikhtiar menjadi ciri seorang muslim dalam menjalani kehidupan. Dengan berikhtiar, manusia ingin mengubah hidupnya agar segala amalan yang dikerjakan mempunyai nilai kesalehan. Anjuran untuk ikhtiar disebutkan dalam Al-Qur'an. Berikut penjelasan selengkapnya. Menukil buku Hakikat Ilmu Tasawuf karya H. Abd. Rahman, kata ikhtiar diambil dari bahasa Arab, yakni 'ikhtaara' yang artinya memilih. Sementara dalam bentuk kata kerja, ikhtiar berarti melakukan upaya atau usaha untuk memilih hal yang baik. Menurut istilah, ikhtiar adalah upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara materiil maupun spiritual, termasuk kesehatan dan masa depannya. Ikhtiar dilakukan untuk mencapai yang terbaik demi keselamatan dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat. Ikhtiar bukan hanya sebuah usaha atau semata-mata upaya untuk menyelesaikan persoalan yang tengah membelit. Dalam Islam, ikhtiar merupakan konsep yang mengatur cara berpikir dan mengatasi permasalahan. Dalam ikhtiar terkandung pesan takwa, yakni bagaimana seseorang menuntaskan masalah dengan mempertimbangkan apa yang baik menurut Islam. Kemudian memilihnya tanpa memedulikan konsekuensinya, bahkan jika itu tidak populer atau terasa berat. 

Ikhtiar mengajarkan bahwa rahmat Allah SWT pasti akan datang setelah berusaha. Sebab, Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk berusaha dan melarang untuk putus asa. Sebagaimana perintah Nabi Yakub AS kepada anak-anaknya untuk terus berikhtiar dalam mencari berita tentang Nabi Yusuf AS dan adiknya, Bunyamin. Hal tersebut diabadikan dalam Al-Qur'an surah Yusuf ayat 87. Allah SWT berfirman,

 

يٰبَنِيَّ اذْهَبُوْا فَتَحَسَّسُوْا مِنْ يُّوْسُفَ وَاَخِيْهِ وَلَا تَا۟يْـَٔسُوْا مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ ۗاِنَّهٗ لَا يَا۟يْـَٔسُ مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ اِلَّا الْقَوْمُ الْكٰفِرُوْنَ ٨٧

 

Artinya : "Wahai anak-anakku, pergilah kamu. Carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah SWT. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah SAW, melainkan kaum yang kafir".

 

Ibnu Katsir dalam buku Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan, ayat di atas berisi tentang larangan untuk tidak berputus asa dari rahmat Allah SWT. Lafaz tahassus digunakan untuk mencari berita kebaikan. Sedangkan tajassus untuk mencari berita keburukan. Selanjutnya Allah SWT berfirman dalam surah Ar-Ra'd ayat 11:

 

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ ١١

 

Artinya : "Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah SWT. Sesungguhnya Allah SWT tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia."

 

Ulama tafsir Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah menjelaskan bahwa Allah-lah yang benar-benar memelihara manusia. Demikian pula, Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu bangsa dari kesulitan ke kebahagiaan, atau dari kekuatan menjadi kelemahan, kecuali jika mereka sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka sesuai dengan situasi yang akan mereka hadapi. Kedua ayat di atas menjelaskan manusia sebagai hamba Allah SWT diperintahkan untuk berusaha, bukan untuk berleha-leha. Sebab rahmat Allah SWT turun kepada hamba-Nya melalui usaha yang dilakukan.

 

Menukil buku 17 Tuntunan Hidup Muslim oleh Wahyono Hadi Parmono dan Ismuandar, ikhtiar adalah usaha maksimal yang keluar dari seorang hamba. Tentu saja, semakin besar usaha yang dilakukan maka akan mendatangkan manfaat. Berikut manfaat dari ikhtiar :

(1)  Ikhtiar adalah bagian dari usaha memilih takdir Allah SWT.

(2)  Ikhtiar adalah bagian dari usaha untuk hidup lebih baik.

(3)  Ikhtiar adalah bentuk syukur untuk memaksimalkan potensi dan kemampuan.

(4)  Ikhtiar adalah pengakuan akan kelemahan makhluk.

(5)  Ikhtiar adalah bagian dari tawakal kepada Allah SWT.

 

Sumber : https://www.detik.com/hikmah/ 

Comments

Post a Comment