Jenis Sistem Informasi
Sebuah organisasi dapat mempekerjakan berbagai
jenis sistem informasi. Gambar 1 menggambarkan berbagai jenis sistem informasi
dalam organisasi dan Gambar 2 menunjukkan berbagai jenis sistem informasi antar
organisasi.
Gambar 1 Sistem Informasi dalam Organisasi
Gambar 2 Sistem Informasi diluar Organisasi
Sistem Informasi Berbasis Komputer
Arsitektur TI dan infrastruktur TI memberikan
dasar untuk semua sistem informasi dalam organisasi. Suatu sistem informasi
(IS) akan mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan
informasi untuk tujuan tertentu. Sebuah sistem informasi berbasis komputer (Computer
Based Information System atau CBIS) adalah sistem informasi yang menggunakan
teknologi komputer untuk melakukan beberapa atau semua tugas tersebut. Saat ini
sistem informasi meskipun tidak semua dari SI tersebut adalah terkomputerisasi.
Untuk alasan ini, istilah "sistem informasi" biasanya digunakan
secara sinonim dengan "sistem informasi berbasis komputer." Komponen
dasar dari sistem informasi adalah :
- Hardware adalah perangkat seperti prosesor, monitor, keyboard dan printer. Perangkat ini menerima data dan informasi, proses dan menampilkannya.
- Software adalah program atau kumpulan program yang memungkinkan perangkat keras untuk memproses data.
- Database adalah kumpulan file terkait atau tabel yang berisi data.
- Jaringan Komputer (network) adalah sistem yang menghubungkan (wireline atau wireless) yang memungkinkan komputer yang berbeda untuk berbagi sumber daya.
- Prosedur adalah sekumpulan instruksi tentang bagaimana untuk menggabungkan komponen di atas dalam rangka untuk memproses informasi dan menghasilkan output yang diinginkan.
- Orang adalah yang menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak, antarmuka dengan itu, atau menggunakan outputnya.
Program Aplikasi
Program aplikasi adalah program komputer yang
dirancang untuk mendukung tugas atau proses bisnis yang spesifik. Setiap area
fungsional atau departemen dalam organisasi bisnis mungkin menggunakan puluhan
program aplikasi. Perhatikan bahwa program aplikasi yang identik dengan
aplikasi. Misalnya, departemen sumber daya manusia (SDM) kadang-kadang
menggunakan satu aplikasi untuk screening pelamar kerja dan satu lagi untuk pemantauan
karyawan. Pengumpulan program aplikasi di departemen tunggal biasanya disebut
sebagai sistem informasi departemen. Misalnya, koleksi program aplikasi di
bidang sumber daya manusia disebut sistem informasi sumber daya manusia (Human
Resource Information Systems atau HRIS). Kita bisa melihat pada Gambar 2.1
bahwa ada koleksi program aplikasi yang, sistem informasi berbasis komputer
dalam bidang fungsional lain juga, seperti akuntansi dan keuangan.
Dukungan Sistem Informasi Dalam Organisasi
Bagian dukungan sistem informasi dalam
organisasi, mendukung seluruh organisasi dan yang lain mendukung kelompok dalam
organisasi. Sebagaimana telah kita lihat, setiap departemen atau area
fungsional dalam suatu organisasi memiliki koleksi program aplikasi sendiri
atau sistem informasi. Sistem informasi area fungsional ini terletak di bagian
atas Gambar 1. Setiap sistem informasi mendukung area fungsional tertentu dalam
organisasi. Contohnya adalah SI Akuntansi, SI Keuangan, SI Produksi / Manajemen
Operasi, SI Pemasaran dan SI Sumber Daya Manusia.
Tepat di bawah area fungsional IS terdapat dua
sistem informasi yang mendukung seluruh organisasi : sistem perencanaan sumber
daya perusahaan dan sistem pemrosesan transaksi. Sistem perencanaan sumber daya
perusahaan (Enterprise Resource Planning atau ERP) yang dirancang untuk
memperbaiki kurangnya komunikasi di antara area fungsional SI. Sistem ERP
adalah sebuah inovasi penting karena berbagai area fungsional SI sering
dikembangkan untuk menjadi sistem yang berdiri sendiri dan tidak berkomunikasi
secara efektif (jika sama sekali) dengan SI lain dalam organisasi.
Sistem ERP mengatasi masalah ini mengintegrasikan daerah fungsional SI melalui database umum. Dalam melakukannya,
mereka meningkatkan komunikasi antara bidang fungsional organisasi. Untuk
alasan ini, sistem pakar kredit ERP dengan sangat meningkatkan produktivitas
organisasi. Hampir semua sistem ERP adalah sistem pemrosesan transaksi, tetapi sistem pemrosesan transaksi tidak semuanya adalah sistem
ERP.
Sebuah sistem pemrosesan transaksi (Transaction
Processing Systems atau TPS) mendukung pemantauan, pengumpulan, penyimpanan dan
pengolahan data dari transaksi bisnis dasar organisasi, yang masing-masing
menghasilkan data. Sebagai contoh, ketika pelanggan berbelanja di supermarket,
setiap kali kasir menggesekan item ke pembaca kode bar (barcode reader), merupakan
salah satu transaksi. TPS mengumpulkan data terus menerus, biasanya secara real
time yaitu segera setelah data yang dihasilkan dan memberikan input data untuk
database perusahaan. TPS dianggap penting untuk keberhasilan perusahaan apapun
karena mereka mendukung operasi inti.
Perhatikan bahwa rantai pasokan pada Gambar 2
menunjukkan kedua arus fisik, arus informasi dan arus keuangan. Arus informasi,
arus keuangan dan produk digitizable diwakili dengan garis putus-putus dan
produk fisik (produk keras) sebagai garis solid. Produk Digitizable adalah
mereka yang dapat diwakili dalam bentuk elektronik, seperti musik dan perangkat
lunak. Arus informasi, arus keuangan, dan produk digitizable melalui internet, sedangkan
produk fisik dikirimkan melalui perusahaan jasa pengiriman.
Sistem perdagangan elektronik yang lain adalah
sistem informasi antarorganisasi. Sistem ini memungkinkan organisasi untuk
melakukan transaksi, disebut perdagangan elektronik bisnis-ke-bisnis (Business-To-Business atau B2B) dan pelanggan untuk melakukan transaksi dengan perusahaan
bisnis, yang disebut perdagangan elektronik Business-To-Consumer (B2C). Mereka
biasanya berbasis internet. Gambar 2 mengilustrasikan e-commerce B2B dan B2C.
Dukungan untuk Karyawan Organisasi
Sejauh ini kita telah berkonsentrasi pada
sistem informasi yang mendukung area fungsional tertentu dan operasi. Sistem
informasi yang mendukung karyawan tertentu dalam organisasi. Sisi kanan Gambar 1
mengidentifikasi karyawan dalam perusahaan. Perhatikan bahwa mereka terdiri
dari pekerja administrasi sampai ke eksekutif. Pekerja administrasi, yang
mendukung manajer di semua tingkatan organisasi, termasuk pembukuan,
sekretaris, juru tulis berkas elektronik dan pemroses klaim asuransi. Manajer
tingkat rendah menangani operasi sehari-hari organisasi, membuat keputusan
rutin seperti menetapkan tugas untuk karyawan dan pesanan pembelian
menempatkan. Manajer menengah membuat keputusan taktis, yang berhubungan dengan
kegiatan seperti perencanaan jangka pendek, pengorganisasian dan pengendalian.
Pekerja pengetahuan (knowledge worker) adalah karyawan profesional seperti
analis keuangan dan pemasaran, insinyur, pengacara dan akuntan. Semua pekerja
pengetahuan ahli dalam bidang tertentu. Mereka menciptakan informasi dan
pengetahuan, yang mereka mengintegrasikan ke dalam bisnis. Pekerja pengetahuan
bertindak sebagai penasihat untuk manajer menengah dan eksekutif.
Eksekutif membuat keputusan yang menghadapi
situasi yang secara signifikan dapat mengubah cara di mana bisnis dilakukan.
Contoh keputusan eksekutif memperkenalkan lini produk baru, memperoleh bisnis
lain dan relokasi operasi ke luar negeri. Dukungan TI untuk setiap tingkat
karyawan muncul di sisi kiri Gambar 1.
Sistem otomatisasi kantor (Office Automation
Systems atau OAS) biasanya mendukung staf administrasi, manajer rendah dan
menengah dan pekerja pengetahuan. Para karyawan ini menggunakan OAS untuk
mengembangkan dokumen (pengolah kata dan desktop publishing software), sumber
jadwal (kalender elektronik) dan berkomunikasi (e-mail, pesan suara, video
conferencing dan groupware).
Sistem informasi area fungsional meringkas data
dan menyusun laporan, terutama untuk manajer menengah, tapi kadang-kadang untuk
manajer tingkat yang lebih rendah juga. Karena laporan-laporan ini biasanya
menyangkut area fungsional tertentu, pembuat laporan adalah jenis penting dari
area fungsional IS. Intelijen bisnis (Business Intelligence atau BI) adalah sistem memberikan dukungan berbasis
komputer untuk mendukung keputusan yang kompleks, keputusan yang tidak rutin, terutama untuk manajer menengah
dan pekerja pengetahuan. (Mereka juga mendukung manajer tingkat yang lebih
rendah, tetapi pada tingkat lebih rendah.) Sistem ini biasanya digunakan dengan
data warehouse dan memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis data mereka
sendiri.
Sistem pakar (Expert Systems atau ES) adalah upaya
untuk menduplikasi pengetahuan dari para ahli dengan menerapkan kemampuan
penalaran, pengetahuan dan keahlian dalam domain tertentu. Sistem ini terutama
dirancang untuk mendukung pekerja pengetahuan. Dashboard atau dashboard digital
mendukung semua manajer organisasi. Mereka menyediakan akses cepat ke informasi
yang tepat waktu dan akses langsung ke informasi terstruktur dalam bentuk
laporan. Dashboard yang disesuaikan dengan kebutuhan informasi eksekutif
disebut dashboard eksekutif. Tabel 2 memberikan gambaran tentang berbagai jenis
sistem informasi yang digunakan oleh organisasi.
Tabel 2
Sumber :
Rainer & Cegielski, Introduction to Information Systems : Supporting & Transformation Business, 3rd Edition, Wiley, 2011
Trims ya,
ReplyDeleteSharing infonya bermanfaat.
Boleh dong kunjungan baliknya ke web saya :D
Cek web saya di Toko Komputer Online atau blog saya di Tips dan Trik Komputer
Keunggulan website sistem informasi membentuk fondasi yang kuat untuk keberhasilan bisnis digital. Dari peningkatan efisiensi operasional hingga pengambilan keputusan berbasis data yang cerdas, setiap aspek berkontribusi pada daya saing dan kelangsungan bisnis.
ReplyDeleteMelalui pemahaman mendalam akan manfaat website sistem informasi, organisasi dapat merancang strategi implementasi yang cerdas dan memaksimalkan potensi keberhasilan dalam ekosistem bisnis yang terus berkembang.
Dalam sebuah lanskap bisnis yang terus berubah, fungsi website sistem informasi menjadi nadi yang menggerakkan efisiensi dan produktivitas. Dengan fungsi-fungsi yang dirancang secara cermat, sistem ini membentuk fondasi yang kokoh bagi organisasi untuk menghadapi tantangan modern.