Kenapa
kita bermain game ? Pengalaman bermain bukanlah pengalaman kerja. Game tidak
digunakan untuk mencapai tugas tertentu, game dimainkan untuk kesenangan. Apa
yang disukai pemain tentang permainan dan apa yang membuat permainan komputer
begitu menarik berada di luar sasaran kegunaan tradisional untuk meningkatkan
efisiensi dan efektivitas dan memberikan kepuasan pekerjaan yang dilakukan
dengan baik. Sekarang tentu saja beberapa aspek permainan harus dapat
digunakan, tetapi kegunaan (usability) bukan satu-satunya cara untuk
meningkatkan kualitas permainan.
Pengalaman
Pemain Bukan Pengalaman Pengguna
Seiring
praktik peningkatan kualitas pengalaman interaktif dalam interaksi manusia
komputer, ada banyak perbedaan antara tujuan dan harapan pengguna dari produktivitas
perangkat lunak dan game. Jika ada dua faktor yang terpisah maka game yang
melakukan hal tersebut. Untuk membedakan keduanya, digunakan istilah pengalaman
pengguna, user experience (UX) dan pengalaman pemain, player experience (PX)
yang didefinisikan sebagai berikut :
●
UX : adalah pengalaman penggunaan, seberapa mudah dan cocok untuk tugas
tersebut, apa yang diharapkan orang untuk capai. Tujuan utamanya adalah
produktifitas.
●
PX : adalah pengalaman bermain. Seberapa baik game ini mendukung dan
menyediakan jenis kesenangan yang ingin dimiliki pemain. Pemain tidak bisa hanya
menekan tombol sekali dan merasa seperti mereka menang. Tujuan utamanya adalah
hiburan.
Penelitian
Four Keys
XEODesign
melakukan studi lapangan di mana 30 orang dewasa diminta untuk berbagi pikiran
dan perasaan saat memainkan game di PC, konsol, handheld, atau game internet
favorit mereka. Para pemain menghabiskan 90 hingga 120 menit untuk bermain game
favorit mereka. Sebagian besar pemain memainkan game sendirian kecuali untuk
empat sesi multiplayer konsol yang terdiri dari 3-6 pemain, yang dilakukan
dengan peserta bermain di ruangan yang sama. Studi ini mengamati dua sesi
multiplayer PC online melalui internet. Menggunakan metoda Contextual Inquiry serta
XEOAnalysis ™, peserta diamati selama bermain dan memberikan kuesioner di akhir
sesi. Untuk mengumpulkan pendapat non-pemain tentang permainan, kami juga
mewawancarai 15 teman dan anggota keluarga peserta yang menonton permainan
selama sesi pengamatan. Studi mengumpulkan tiga jenis data : rekaman video
tentang apa yang dikatakan dan dilakukan pemain (45 jam), respons kuesioner
pemain, dan isyarat emosional verbal dan non-verbal selama bermain. Studi
menganalisis lebih dari 2.000 pengamatan dari transkrip video, ekspresi wajah,
tanggapan kuesioner, dan catatan sesi yang kami sortir ke dalam kelompok
afinitas.
Tinjauan
Empat Kunci untuk Banyak Emosi tanpa Cerita
XEODesign
menciptakan 12 model dari pengalaman pemain dari data yang dikumpulkan. Dalam
melihat bagaimana game menciptakan emosi tanpa cerita, kami menciptakan 4 Kunci
untuk emosi tanpa cerita yang memenuhi persyaratan ini, yaitu :
1.
Apa yang paling disukai pemain tentang bermain game
2.
Menciptakan emosi unik tanpa cerita
3.
Sudah ada di game yang populer saat ini
4.
Didukung oleh teori psikologi dan studi Lainnya
4
Kunci
1.
Bersenang-senang cara sulit (Hard Fun)
Emosi
dari Tantangan, Strategi, dan Teka Teki.
Bagi
banyak pemain game mengatasi rintangan adalah alasan mereka bermain. Hard Fun
menciptakan emosi dengan menyusun pengalaman untuk mencapai tujuan. Tantangan
memusatkan perhatian dan menghargai kemajuan untuk menciptakan emosi seperti frustasi
dan Fiero (kata Italia untuk kemenangan pribadi). Hal ini menginspirasi
kreativitas dalam pengembangan dan penerapan strategi, serta memberi
penghargaan kepada pemain dengan umpan balik tentang kemajuan dan kesuksesan.
Pemain yang menggunakan kunci ini bermain untuk menguji keterampilan mereka,
dan merasakan pencapaian, sehingga pemain game dapat :
•
Bermain untuk melihat seberapa baik saya sebenarnya
•
Bermain untuk mengalahkan permainan
•
Bermain dengan memiliki banyak tujuan
•
Bermain yang lebih memerlukan strategi daripada keberuntungan
Permainan
dengan kunci harus ini menawarkan tantangan menarik dengan pilihan strategi.
Mereka menyeimbangkan kesulitan game dengan keterampilan pemain melalui level,
kemajuan pemain, atau kontrol pemain. Contohnya Mario Kart kesulitan tantangan
cocok dengan keterampilan pemain pemula dan pemain mahir (jika pemain tidak
bisa mengemudi, pemain setidaknya bisa melempar barang), menawarkan peluang
emosi dari gameplay kooperatif dan kompetitif. Game dengan kategori ini
termasuk Civilization, Halo, Top Spin Tennis,Crosswords, Hearts, Tetris, and
Collapse. Beberapa permainan menawarkan pilihan kondisi kemenangan seperti
EverQuest dan The Sims.
2.
Bersenang-senang cara mudah (Easy Fun)
Raih
Perhatian dengan Ambiguitas, Ketidaklengkapan, dan Detail.
Pemain
game fokus pada kenikmatan semata karena mengalami aktivitas permainan. Easy
Fun mempertahankan fokus dengan perhatian pada pemain alih-alih kondisi
kemenangan. Cara ini dapat membangkitkan rasa penasaran pada pemain. Cara membujuk
pemain untuk mempertimbangkan opsi dan mencari tahu lebih lanjut. Ambiguitas,
ketidaklengkapan, dan detail bergabung untuk menciptakan dunia yang hidup.
Sensasi dari keajaiban, kekaguman, dan misteri bisa sangat intens. Pemain yang
menggunakan kunci ini untuk mengisi perhatian dengan sesuatu yang baru. Dalam
studi ini pemain menyukai game karena :
•
Menjelajahi dunia baru dengan orang-orang yang menarik
•
Kegembiraan dan petualangan
•
Memenuhi rasa ingin tahu
•
Melihat apa yang terjadi dalam cerita, bahkan jika pemain harus berjalan dan
mencari
•
Merasa bawa pemain dan karakter gamenya adalah sebuah kesatuan
•
Menyukai sesuatu yang tidak pasti
•
Keasyikan atau tantangan yang tumbuh
Game
dengan kunci ini memikat pemain untuk berlama-lama, tidak harus dalam dunia 3D
tetapi untuk tenggelam dalam pengalaman. Stimulus dan ambiguitas yang kaya
serta detail menyebabkan pemain tidak berhenti dengan rasa ingin tahu dan
keingintahuan. Pengulangan dan ritme bisa menghipnotis. Game Mario Kart
tampilan visual, teknologi kereta, dan berbagai rintangan permainan
menginspirasi rasa ingin tahu dan keterlibatan. Game lain dengan easy fun yang
disebutkan oleh pemain termasuk Myst, Splinter Cell, EverQuest, GTA III, Max
Payne, Halo, Civilization, Collapse, Tetris, Dark Age of Camelot, dan Hearts.
Bersambung ke bagian [2]
Comments
Post a Comment