Golongan Orang yang Didoakan 70 Ribu Malaikat

 

Ada sejumlah amalan yang mendatangkan doa malaikat, bahkan sampai 70 ribu malaikat yang melakukannya. Menurut riwayat, orang yang didoakan 70 ribu malaikat adalah orang yang menjenguk saudaranya yang tengah sakit. Sakit adalah salah satu bentuk ujian yang diberikan Allah SWT. Ketika teman atau saudara sakit, hendaknya umat Islam menjenguk dan mendoakannya agar segera dikaruniai kesembuhan. Dinukil dari buku Doa Harian Pengetuk Pintu Langit karya Hamdan Hamedan, keutamaan menjenguk orang sakit dijelaskan dalam salah satu hadits. Rasulullah SAW bersabda,

 

"Jika seseorang berkunjung kepada saudaranya yang muslim (yang sedang menderita sakit), maka seakan-akan dia berjalan-jalan di surga hingga duduk. Apabila sudah duduk, maka dituruni rahmat dengan deras. Jika dia berkunjung di pagi hari maka 70 ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rahmat hingga sore hari. Jika dia berkunjung di sore hari, maka 70 ribu malaikat mendoakannya agar diberi rahmat hingga pagi hari." (HR Ibnu Majah)

 

Dikutip dari buku Fiqih Ibadah bagi Orang Sakit dan Bepergian karya Enang Hidayat, keutamaan lain dari menjenguk orang sakit adalah mendapat tempat di sisi Allah SWT. Hal ini bersandar pada hadits qudsi berikut. Allah Azza Wajalla berfirman, "Hai anak Adam! Aku sakit, mengapa kamu tidak menjenguk-Ku ?" Anak Adam menjawab, "Wahai Rabbku, bagaimana menjenguk-Mu, padahal Engkau Tuhan semesta alam ?" Allah SWT pun berfirman, "Apakah kamu tidak tahu bahwa hamba-Ku si Fulan sakit, mengapa kamu tidak menjenguknya ? Apakah kamu tidak tahu, seandainya kamu menjenguknya kamu akan mendapati-Ku di sisinya ?" (HR Muslim dari Abu Hurairah)

 

Berikutnya, orang yang menjenguk saudaranya yang sakit akan dimasukkan ke surga. Hal ini bersandar pada hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya semata-mata karena Allah, maka seorang penyeru akan menyeru, 'Engkau telah berbuat baik dan berjalanmu pun baik serta engkau telah memesan sebuah tempat di surga'." (HR al-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

 

Sumber : www.detik.com/hikmah




Comments

Post a Comment