DSI9 : Riset Sistem Informasi 1 [3]

 

Prof. Purwanto

05/09/2024

 

By Research

Peneliti mandiri :

- meluangkan waktu (nulis proposal, kegiatan pendukung untuk publikasi) min. 4 jam sehari, fokus pada kuliah

- menghitung beban kerja (misal normal 40 jam/minggu, harus ada waktu untuk penelitian)

  jam kerja berlebih bisa menghambat penyelesaian kuliah

- lulusan S3 setara dengan director of research, orang yang mampu mengorganisir penelitian

- semester 1 untuk mendalami materi yang berkaitan dengan penelitiannya, kuat dasar teori, how to collect the data (primer/sekunder), tipe penelitian (kuantitatif, kualitatif atau mixed data)

- how to treat the data, menguasai tools misal untuk klasifikasi data, prediksi (misal regresi untuk machine learning dst.), berbasis sistem syaraf, random

- harus paham teori bukan hanya aplikasinya saja

- how to present the data, hasil yang dipresentasikan (grafik, image, voice dll.)

- bagaimana data akan digunakan, apakah harus membuat aplikasi ? prototipe atau akan dikembangkan

- feedback, misal menggunakan sistem pendukung keputusan

 

DSI bukan hanya treatment the data, itu belum sampai ke sistem informasi. Seorang doktor harus tahu cara pengambilan sampel (ramdom, berjenjang, klasifikasi) sehingga data yang diambil sudah mewakili populasi. Keperluan peralatan selain komputer, misal dalam field research dengan obyek tertentu khususnya dengan dukungan perangkat keras (cctv, sensor, kakas pendukung dll.), dukungan perangkat lunak (misal untuk perekaman data hasil sensor), people (populasi, pemilihan sampel), data (tidak selalu harus numerik). Novelty, melakukan penelitian dasarnya : problem (apakah ada masalah), kontribusi penyelesaian masalah. Kedua membuat sistem yang akan meningkatkan efisisensi dan pengembangan teknologi.

 

Originalitas, ketika ada masalah dan mengembangkan teknologi maka banyak baca untuk memahami lingkup kajian dan dasar-dasar teori. Wajib handbook sistem informasi dan ruang lingkup penelitian. Artikel untuk menjawab originalitas, mulai dari artikel review untuk memahami perjalanan penelitian, lalu baca artikel terbaru (min 5 tahun), digunakan untuk tinjauan pustaka dan dasar teori. Problem didapat dari masalah aktual sistem informasi, bukan dari persepsi atau ketidak tahuan peneliti. Peneliti harus tahu kondisi aktual dari penelitiannya karena memang ada masalah.

 

Perumusan masalah : tulis masalah yang ada, masalah yang dihadapi. Bukan definisi atau pertanyaan, lalu buat pertanyaan penelitian dengan 5W1H (what, when, who, why, where dan how). Gunakan taksonomi Bloom untuk create (untuk S3) dapat menghasilkan karangan, teori, klasifikasi, proposal, tulisan ilmiah, karya. Lingkup penelitian S3 harus diperhatikan, pastikan lingkup makro (min propinsi) bukan mikro (misal lingkup kampus). Catatan : untuk S3, promotor atau co promotor harus ahli dibidang penelitian yang diambil mahasiswa, misal penelitian sistem informasi bidang peternakan harus ada co promotor doktor bidang peternakan, termasuk penelitian multidisiplin.  

Comments