DSI9 : Riset Sistem Informasi 1 [5]


Dr. Catur Edi Widodo

18-09-2024

 

Pedoman Disertasi

Pedoman disertasi tidak kaku, pedoman hanya sebagai guide saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Metode penelitian (dalam buku) tidak selalu cocok, biasanya ini berkaitan dengan survey bukan untuk sistem informasi. Contoh, perumusan masalah bukan kalimat tanya, boleh saja jika sudah memberi 'clue' hasil penelitian. Perumusan masalah bisa secara implisit ditulis di latar balakang, termasuk juga tujuan/manfaat penelitian. Bab II bisa menyampaikan kebaruan penelitian. Proses perumusan boleh membuat pertanyaan2 penelitian, tidak selalu harus dituliskan dalam disertasi, misal menggunakan 5W1H.

 

Bab 1 cukup latar belakang, tujuan penelitian dan manfaat penelitian. Tujuan bukan sasaran (goal) tapi obyektif penelitian.

 

Bab 2 tinjauan pustaka (metode dapat digunakan untuk keperluan ... ada sitasi, abstraksi termasuk kelebihan dan kekurangan, akurasi), butuh definisi2 (penjelasan kepada pembaca), keaslian penelitian (sebaiknya ada narasi didukung oleh tabel referensi, pustaka yang dibaca) dan ditutup dengan narasi penelitian yang akan dilakukan. Lanjut dengan landasan teori (dimulai dengan konsep/metode utama yang digunakan dalam penelitian). 







Comments