Ralph McQuarrie : Star Wars Concept Arts

Ralph Angus McQuarrie (13 Juni 1929 - 3 Maret 2012) adalah seorang perancang dan ilustrator konseptual Amerika. Karirnya termasuk bekerja di trilogi Star Wars, serial televisi Battlestar Galactica, film E.T. Extra-Terrestrial, dan film Cocoon, di mana ia memenangkan Academy Award. Pembuat film George Lucas terkesan dengan karya McQuarrie dan bertemu dengannya untuk mendiskusikan rencananya untuk film fantasi ruang angkasa, The Star Wars. Lucas mencari bahan referensi visual untuk mendukung pendapatnya ke studio film dan membeli karya seni fiksi ilmiah oleh John Berkey. Pada tahun 1975, Lucas menugaskan McQuarrie untuk mengilustrasikan beberapa adegan dari naskah film. McQuarrie mungkin telah terinspirasi oleh beberapa karya Berkey, khususnya lukisan pesawat roket yang meluncur melalui ruang angkasa menuju planet mekanik raksasa. Lukisan konsep McQuarrie sangat berperan dalam membantu Lucas untuk memenangkan persetujuan dari 20th Century Fox, didukung dengan ilustrasi yang jelas tentang film yang akan dibuat, Lucas mampu meyakinkan para eksekutif Fox untuk mendanai proyek Star Wars-nya.

Film Star Wars menjadi sukses besar setelah dirilis pada tahun 1977, di antara portofolio Star Wars McQuarrie adalah lukisan konsep yang menggambarkan pemandangan di planet Tatooine, di dalam Mos Eisley Cantina, di dalam Death Star dan di bulan Yavin. Selama pembuatan film, Lucas memastikan bahwa banyak adegan film mereproduksi lukisan McQuarrie dengan tepat, seperti itulah penghargaannya terhadap karya McQuarrie. McQuarrie mengatakan tentang karyanya di Star Wars, "Saya pikir saya memiliki pekerjaan terbaik yang pernah dimiliki seorang seniman dalam sebuah film, dan saya belum pernah mengerjakan film fitur sebelumnya ... Saya masih mendapatkan surat penggemar, orang bertanya-tanya apakah saya mengerjakan Episode I atau hanya ingin memiliki tanda tangan saya. " McQuarrie merancang banyak karakter film, termasuk Darth Vader, Chewbacca, R2-D2 dan C-3PO dan menggambar banyak konsep untuk set film.  


Lukisan produksinya tentang pengembaraan R2-D2 dan C-3PO di gurun di planet Tatooine adalah yang pertama kali diselesaikan. Konsep awalnya untuk C-3PO tampak terinspirasi oleh robot Art Deco Maschinenmensch dari film Metropolis 1927 milik Fritz Lang. Lukisan itu memiliki dampak khusus pada aktor Anthony Daniels, aktor yang memerankan C-3PO; "Dia telah melukis wajah dan sosok yang memiliki kualitas yang sangat menyedihkan, agak merindukan, agak kehilangan, yang saya temukan sangat menarik," kata Daniels, dan daya tarik citra McQuarrie meyakinkannya untuk menerima peran itu. Berikut adalah gambar-gambar konsep seni awal film Star Wars dari Ralph McQuarrie, dari buku “Star Wars : The Adventures of Luke Skywalker, Jedi Knight” oleh Tony Diterlizzi dan berbagai sumber lainnya, gambar yang mejadi ‘panduan’ dalam semua film Star Wars mulai dari trilogi asli, prequels, sequel trilogy sampai dengan film seri TV, baik yang animasi maupun live action .. enjoy !













Comments