DSI9 : Riset Sistem Informasi 1 [4]

 

Prof. Drs. Mustafid. M.Eng., Ph.D.

11092024

 

Fokus publikasi : kelas kerjasama publikasinya 2, sebaiknya jurnal terlebih dahulu karena jurnal lebih sulit, hanya waspada dengan 'jurnal predator'. Untuk pengumpulan data perhatikan 'data owner', harus ada ijin penggunaan data dalam penelitian.

 

research question ?

rumusan masalah ?

Yang pertama ada adalah adanya masalah, problem dari riset, dalam riset jangan terjebak dalam definisi tapi harus paham akar masalahnya. Akar masalah menjadi problem of research, misal dalam sebuah penelitian mengenai algoritma yang menjadi masalah adalah algoritmanya belum optimal. Ide untuk menyelesaikan masalah adalah perumusan masalah, menggunakan teori dan referensi untuk menyelesaikan masalah(gagasan penyelesaian masalah).

 

- problem of research

- gagasan (perumusan masalah) --> pertanyaan/pernyataan

- tujuan (objective of research) --> kata kerja (harus ada di abstrak penelitian)

 

Referensi disertasi tidak dibatasi oleh tahun, disesuaikan dengan keilmuan yang digunakan dalam penelitian, dengan catatan sebagian besar referensi adalah referensi terbaru (3-5 tahun). Disertasi adalah pengembangan ilmu termasuk untuk publikasi, pastikan novelty, sitasi dari publikasi tersebut untuk kemudahan diterima. Penting kerangka berfikir sistem informasi, perhatikan domain research apa, objeknya apa dan metodenya (prosedur/keilmuan/knowledge) apa.

 

Novelty --> kebaruan, dalam disertasi yaitu novelty yang akan mendukung bidang keilmuan tertentu. Kita mengembangkan suatu ilmu untuk mendukung kepakaran peneliti dalam ilmu tersebut. Khususnya sebagai dosen harus ke bidang keilmuan, bukan hanya penerapannya saja.

Domain research apa, objeknya apa dan metodenya (prosedur/keilmuan/knowledge) apa digunakan untuk mencari referensi. Cari yang cocok, lalu pahami dulu, kuasai dulu baru cari referensi yang lain yang mendukung. Gunakan tahapan ini untuk mencari novelty yang akan di tuliskan di proposal disertasi untuk mencari temuan. Hal ini akan membuat disertasi menjadi lebih fokus.

 

catatan :

"saya bukannya menyindir, tp emang menyindir" Prof. Mustafid 

Comments